Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM MATERI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER)

HALIMATUN SA’DIAH, - (2024) PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM MATERI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HALIMATUN SA'DIAH.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABSTRAKABSTRAK ABSTRAK Halimatun Sa’diah, 2023 : Penilaian Kinerja (Performance assessment) Peserta Didik dalam Melaksanakan Praktikum Materi Larutan Penyangga (Buffer) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kinerja siswa dalam melakukan praktikum kimia menggunakan instrumen penilaian kinerja. Pengumpulan data berupa lembar observasi psikomotorik siswa pada materi larutan penyangga. Lembar observasi mempunyai indikator yaitu 1) menyiapkan persiapan sebelum melakukan praktikum, 2) keterampilan dalam menyiapkan alat dan keterampilan dakam menyiapkan bahan, 3) keterampilan dalam melakukan percobaan sesuai dengan penuntun praktikum, 4) keterampilan dalam menggunakan alat dan keterampilan dalam mengambil bahan, 5) keterampilan menggambar atau mencatat hasil pengamatan praktikum, 6) kemampuan dalam menciptakan, berinisiatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru dan SMK Abdurab Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru dan SMK Abdurab Pekanbaru dengan sampel 61 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penilaian dari indikator kinerja menyiapkan persiapan sebelum melakukan praktikum dengan persentase 95,49%, keterampilan dalam menyiapkan alat dan keterampilan dakam menyiapkan bahan dengan persentase 85,04%, keterampilan dalam melakukan percobaan sesuai dengan penuntun praktikum dengan persentase 88,66%, keterampilan dalam menggunakan alat dan keterampilan dalam mengambil bahan dengan persentase 93,03%, keterampilan menggambar atau mencatat hasil pengamatan praktikum dengan persentase 88,93% dan kemampuan dalam menciptakan, berinisiatif dengan persentase 88,17% Keseluruhan rata-rata hasil penilaian kinerja peserta didik pada praktikum materi larutan penyangga adalah 89,88%. Berdasarkan dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa lembar observasi penilaian kinerja peserta didik sangat baik dalam mengukur kemampuan psikomotorik siswa pada bahasan pokok materi larutan penyangga (buffer). Kata kunci: Instrumen Penilaian Kinerja, Kemampuan Psikomotorik, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:49
Last Modified: 18 Jan 2024 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77188

Actions (login required)

View Item View Item