Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNO BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA

ANNISA MUTMA’INNA, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNO BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA MUTMA'INNA.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Annisa Mutma’inna (2024) : Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Uno Berbasis Aplikasi Assemblr Edu Pada Materi Tata Nama Senyawa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang selalu berinteraksi dengan teknologi didalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran. Sementara itu, kurikulum merdeka menuntut guru untuk mengupayakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Akan tetapi, hal ini terkendala oleh keterbatasan waktu yang dimiliki guru sehingga tidak dapat membuat media pembelajaran terbaru sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Oleh karena itu, guru membutuhkan penambahan variasi media pembelajaran yang mampu menarik perhatian peserta didik untuk belajar dan mampu memberikan visualisasi yang menarik dari materi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran flashcard uno berbasis aplikasi assemblr edu pada materi tata nama senyawa, serta untuk mengetahui tingkat validitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, tingkat praktikalitas oleh guru, dan respon oleh peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan DDR (Design and Development Research) dengan tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan skala likert. Penelitian ini dilakukan di SMA Cendana dan SMA IT Al-Fityah. Hasil dari validitas oleh ahli media memperoleh persentase 93% dengan kategori sangat valid, dan validitas oleh ahli materi memperoleh persentase 91% dengan kategori sangat valid, serta validitas oleh ahli bahasa memperoleh persentase 97% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil persentase yang diperoleh dari uji praktikalitas guru mata pelajaran kimia adalah 95% dengan kategori sangat praktis, dan hasil dari uji respon oleh peserta didik mendapatkan persentase sebanyak 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard uno berbasis aplikasi assemblr edu pada materi tata nama senyawa sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran tata nama senyawa. Kata Kunci : Flashcard Uno, Assemblr Edu, Tata Nama Senyawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:07
Last Modified: 18 Jan 2024 01:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77183

Actions (login required)

View Item View Item