Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Leverage, Komisaris Independen dan Kepemilikan Institusional terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2022)

DESI FITRIANA, - (2023) Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Leverage, Komisaris Independen dan Kepemilikan Institusional terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2022). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Leverage, Komisaris Independen dan Kepemilikan Institusional terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2022) Oleh : Desi Fitriana Perusahaan merupakan salah satu wajib pajak yang memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak negara, namun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan melakukan tax avoidance untuk meminimalisir pengeluaran pembayaran pajak guna menambah pendapatan sedangkan pemerintah berharap mendapatkan penghasilan dari pajak semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, capital intensity, leverage, komisaris independen dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance secara parsial pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI periode 2019-2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi dan sampel yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel penelitian ini berjumlah 39 perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di BEI periode 2019-2022. Metode analisis data dilakukan dengan analisis regresi data panel dengan Eviews 12. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa variabel capital intensity, leverage berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Variabel profitabilitas dan komisaris independen berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap tax avoidance Hasil uji R2 menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas berkontribusi terhadap variabel terikat sebanyak 89% sedangkan sisanya sebesar 11% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci : Profitabilitas, Capital Intensity, Leverage, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Penghindaran Pajak (Tax Avoidance).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:51
Last Modified: 17 Jan 2024 14:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77176

Actions (login required)

View Item View Item