Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN EVALUASI MANUAL HANDLING PEKERJA DI UNIT PANDAI BESI SODIK MENGGUNAKAN METODE LOADING ON THE UPPER BODY ASSESSMENT (LUBA)

SYAWALUDDIN, - PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN EVALUASI MANUAL HANDLING PEKERJA DI UNIT PANDAI BESI SODIK MENGGUNAKAN METODE LOADING ON THE UPPER BODY ASSESSMENT (LUBA). https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jupel.

[img]
Preview
Text
SYAWALUDDIN REPOST-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandai besi dicirikan proses produksi manual yang sering kali melibatkan waktu duduk dan berdiri yang lama. Keterlibatan dalam waktu yang lama dalam aktivitas ini dengan postur kerja yang tidak ergonomi berpotensi membahayakan pekerja. Penelitian ini berusaha untuk menilai postur kerja dengan menggunakan metode Loading Upper On The Body Assessment (LUBA), yang bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko ergonomi di Pandai Besi Sodik dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan pengukuran risiko ergonomi. Metode LUBA secara khusus mengevaluasi postur tubuh bagian atas selama bekerja.Setelah dilakukan analisis data, tiga aktivitas diklasifikasikan dalam kategori II, yang menandakan perlunya investigasi lebih lanjut dan perubahan korektif, meskipun tidak dengan segera. Selain itu, empat aktivitas dikategorikan sebagai III, yang membutuhkan tindakan perbaikan segera melalui desain ulang tempat kerja atau metode kerja. Perbaikan yang diusulkan meliputi perancangan tempat pembakaran untuk meningkatkan keselamatan pekerja dan membangun area pembentukan besi untuk meminimalkan cedera menggunakan softwera AutoCAD 2018. Penyesuaian desain ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera dan mendorong postur kerja yang ergonomis. Keywords: Postur Kerja, Pandai Besi Sodik, Loading on the Upper Body Assessment (LUBA), AutoCAD 2018

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jan 2024 15:44
Last Modified: 17 Jan 2024 15:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77154

Actions (login required)

View Item View Item