Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI NOMOR 5 TAHUN 2009 TENTANG TATA CARA PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS DI DESA SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN)

Nurfitri Hanum, Hanum (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI NOMOR 5 TAHUN 2009 TENTANG TATA CARA PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS DI DESA SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa merupakan suatu bentuk pelaksanaan sitem pemerintahan yang dinamis, sebab perangkat desa diangkat oleh perangkat desa dari warga desa yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa. Namun masih banyak pemerintah desa yang belum memahami bagaimana melaksanakan tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Seperti contohnya di Desa Sungai Alah, Kecamatan Hulu Kuantan. Berdasarkan hasil observasi penulis ditemukan dalam masa kepemimpinan Muhammad Rizal selaku Kepala Desa Sungai Alah periode 2018-2022, terdapat beberapa orang perangkat desa yang diangkat dan diberhentikan tidak sesuai dengan alasan yang tertera di peraturan. Seperti contohnya Nasdi, Alisman dan Miki yang diberhentikan hanya karena alasan mereka tidak memilih dan mendukung bapak Muhammad Rizal ketika mencalon sebagai kepala desa. Pergantian perangkat desa tersebut digantikan oleh kerabat dekat kepala desa tersebut tanpa melalui prosedur pengangkatan perangkat desa. Untuk membangun pondasi dari latar belakang di atas maka penulis telah membuat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangakat Desa di Desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan? Apa faktor yang mempengaruhi implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangakat Desa di Desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan? Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangakat Desa di Desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan?. Penelitian ini bersifat sosiologi hukum. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini penulis gunakan teknis observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber Primer dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan informan dan sumber sekundernya adalah dari buku-buku yang terkait. Peraturan Daerah Kuantan Singingi tentang Pengangkaan dan Pemberhentian Perangkat Desa tidak diimplementasikan secara keluruhan oleh Kepala Desa. Jadi Kepala Desa mengangkat dan memberhentikan perangkat desa hanya berdasarkan suka dan tidak sukanya dengan kata lain tanpa mengindahkan peraturan yang ada dan berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan, Pemerintahan Desa, Kepala Desa, Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:20
Last Modified: 18 Jan 2024 01:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77137

Actions (login required)

View Item View Item