Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

SITI AZURA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AZURA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Azura, (2023): Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Disposisi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan factorial eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT. SMP Negeri 1 Kampar tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket disposisi matematis serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran saintifik. 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran group investigation dengan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:37
Last Modified: 17 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77118

Actions (login required)

View Item View Item