Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 001 Tanjung Koto Kampar Hulu.

Nurul Ulfa, - (2023) Penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 001 Tanjung Koto Kampar Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Ulfa, (2023): Penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SDN 001 Tanjung Koto Kampar Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema Sehat Itu Penting muatan pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas V sekolah dasar negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan ide atau gagasan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Koto Kampar Hulu. Objek dalam penelitian ini adalah strategi Reciprocal Teaching dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema sehat itu penting muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan yaitu persentase yang diperoleh 61,45% atau tergolong cukup baik karena berada pada rentang 50-69%. Setelah di lakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan persentase 70,13% atau tergolong Baik karena berada pada rentang 70-89%. Pada siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan persentase yang diperoleh 86,28% tergolong Baik karena pada rentang 70-89%. Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching, kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:39
Last Modified: 17 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77094

Actions (login required)

View Item View Item