Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KEPENGHULUAN BAGAN SINEMBAH TIMUR KECAMATAN BAGAN SINEMBAH RAYA KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

AYU LESTARI, - (2024) EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KEPENGHULUAN BAGAN SINEMBAH TIMUR KECAMATAN BAGAN SINEMBAH RAYA KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU LESTARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ayu Lestari (2023): Efektivitas Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur Kecamatan Bagan Sinembah Raya Kabupaten Rokan Hilir Perspektif Ekonomi Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemiskinan yang tengah dihadapi oleh masyarakat, dimana kemiskinan tersebut penyebab munculnya permasalahan pada perekonomian masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme penyaluran BLT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur, bagaimana efektivitas program dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur, dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur. Penelitian ini dilakukan di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rokan Hilir. Sampel dalam penelitian berjumlah 65 penerima manfaat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dengan teknik sampling probability sampling. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui data observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa mekanisme penyaluran dana BLT-DD sudah sesuai dengan peraturan undang-undang PMK No. 190/PMK.07/2021 tentang pengelolaan dana desa, secara umum tingkat efektivitasprogram tersebut berada pada kategori cukup efektif berdasarkan teori indikator yang dipakai peneliti, kemudian jika dilihat berdasarkan perspektif ekonomi Islam berdasarkan teori maqashid syariah adanya bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat atau memberi kemaslahatan untuk prinsip Islam dan telah sesuai dengan tujuan prinsip Islam. Kata Kunci : Efektivitas, Penyaluran Dana Bantuan, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:13
Last Modified: 17 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77092

Actions (login required)

View Item View Item