Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAYANAN JAMINAN SOSIAL KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK MENURUT PERSFEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Puskesmas Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir)

AFRIZAL, - (2024) PELAYANAN JAMINAN SOSIAL KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK MENURUT PERSFEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Puskesmas Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFRIZAL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Afrizal (2022) : PELAYANAN JAMINAN SOSIAL KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK MENURUT PERSFEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus di Puskesmas Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prioritas pelayanan yang tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik di Puskesmas Kubu Babussalam. Sedangkan dalam Islam sudah ada ayat yang memberikan peringatan keras agar manusia berlaku adil dan berbuat kebajikan serta menjunjung tinggi nilai kejujuran, tanggung jawab untuk berperilaku benar dan amanah dalam mewujudkan kemaslahatan atau kesejahteraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelayanan jaminan sosial kesehatan di Puskesmas Kubu Babussalam dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap pelayanan jaminan sosial kesehatan di Puskesamas Kubu Babussalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan tinjauan fiqih siyasah terhadap pelayanan jaminan sosial Kesehatan berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan public (study kasus di Puskesmas Kubu Babussalam) Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara, Keseluruhan populasi berjumlah 19 orang yaitu kepala Puskesmas, kepala tenaga administrasi/anggota, tenaga kesehatan dan pasien pengguna jaminan sosial kesehatan yang dirawat inap di Puskesmas Kubu Babussalam. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pustaka. Sedangkan Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling, dengan populasi 6 orang dari tenaga administrasi Puskesmas Kubu Babussalam, 3 orang dari tenaga kesehatan Puskesmas Kubu Babussalam, dan 10 orang perwakilan dari pasien. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan jaminan sosial kesehatan di puskesmas Kubu Babussalam terlaksana cukup baik, hal ini dapat di lihat dari pelaksanaan tugas pegawai puskesmas di Kecamatan Kubu Babussalam dalam bentuk pendampingan dan pertanggungjawaban pengguna jaminan sosial kesehatan, terlihat sudah terlaksana dan terarah tepat guna dengan baik, namun masih ada kekurangan dinilai kurang optimal, yang mana ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnnya sosialisasi, fasilitas sarana dan prasarana dan standart pelayan pegawai Puskesmas Kubu Babusalam. Pelayanan jaminan sosial Kesehatan di Puskesmas Kubu Babussalam belum sesuai dengan kaidah fiqih siyasah, ini dapat dilihat dari belum berjalan dengan baiknya pelayanan yang diberikan oleh puskesmas serta belum memadainya sarana dan prasarana Puskesmas Kubu Babussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:49
Last Modified: 17 Jan 2024 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77087

Actions (login required)

View Item View Item