Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI CORIOSITY MATEMATIS SISWA SMK

Aditya Gunawan, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI CORIOSITY MATEMATIS SISWA SMK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (BAB IV dan atau BAB V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (BAB IV dan atau BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Coriosity Siswa SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain the nonequivalent posttest only control group design. Penelitian ini di lakukan di SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TAV sebagai kelas eksperimen dan X TKR sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan Pemecahan Masalah matematis, angket Coriosity dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 adalah uji T sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan uji anova 2 arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji T menunjukan nilai t_hitung= 3,638 > t_tabel=2,016 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil analisis data menggunakan anova 2 arah menunjukan f(B)hitung = 3,03 < F(B)tabel = 3,23 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan coriosity terhadap pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki coriosity tinggi sedang dan rendah. Selanjutnya F(AxB) hitung = -1,99 < F(AxB) tabel = 3,23 Sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran PjBL dengan coriosity siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa model pembelajaran PjBL mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:48
Last Modified: 17 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77061

Actions (login required)

View Item View Item