Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP IMPORTIR PAKAIAN IMPOR BEKAS OLEH POLRESTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PERDAGANGAN NOMOR 7 TAHUN 2014

Rusdi Gunawan, Rusdi (2024) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP IMPORTIR PAKAIAN IMPOR BEKAS OLEH POLRESTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PERDAGANGAN NOMOR 7 TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Kegiatan impor pakaian bekas dilarang masuk ke wilayah Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Perdagangan Nomor 7 Tahun 2014, akan tetapi fakta di lapangan banyak pakaian impor bekas yang di perjual belikan atau beredar luas di Indonesia khususnya kota pekanbaru. Hal ini tentu mengkhawatirkan bagi kesehatan dan pengusaha tekstil dalam negeri dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui peran Polresta Kota Pekanbaru dalam melakukan Penegakan Hukum Terhadap Importir Pakaian Impor Bekas dan faktor penghambat dalam penegakan Hukum Terhadap Importir Pakaian Impor Bekas. Serta manfaat penelitian ini untuk memberikan informasi bagi masyarakat luas wawasan pengetahuan dalam bidang hukum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris atau sosiologi hukum.Sedangkan dari sifatnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek peneliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan dalam penegakan hukum terhadap importir pakaian impor bekas oleh Polresta Pekanbaru berdasarkan undang-undang perdagangan nomor 7 Tahun 2014 sudah cukup efektif di terapkan dalam penangannya akan tetapi masih banyaknya wilayah-wilayah yang menjadi tempat masuknya pakaian bekas impor ke wilayah pekanbaru yang biasa di sebut jalur tikus sehingga menimbulkan kesulitan bagi penegak hukum dalam proses pemberantasanya. Sehingga sangat diperlukannya peran aktif bagi seluruh elemen masyarakat akan bahaya dan merugikannya pakaian bekas impor ini kesehatan dan usahan konveksi yang ada di Indonesian khususnya di kota pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Pakaian Impor Bekas
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:52
Last Modified: 17 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77057

Actions (login required)

View Item View Item