Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIFAT KIMIA TANAH YANG DITANAMI PADI-PADI DAN PADI-SEMANGKA DI DESA RAWANG LAMA KECAMATAN RAWANG PANCA ARGA KABUPATEN ASAHAN

SUKARDO PUTRA, - (2024) SIFAT KIMIA TANAH YANG DITANAMI PADI-PADI DAN PADI-SEMANGKA DI DESA RAWANG LAMA KECAMATAN RAWANG PANCA ARGA KABUPATEN ASAHAN. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SIFAT KIMIA TANAH YANG DITANAMI PADI-PADI DAN PADI-SEMANGKA DI DESA RAWANG LAMA KECAMATAN RAWANG PANCA ARGA KABUPATEN ASAHAN Sukardo Putra (11782101718) Di bawah bimbingan Ervina Aryanti dan Tiara Septirosya INTISARI Rotasi tanaman dapat membantu dalam mengendalikan gulma, memasok nutrisi tanah, meningkatkan kualitas tanah, dan mengurangi erosi tanah. Dampak positif jangka panjang rotasi tanaman adalah pada hasil panen. Meskipun dalam beberapa dekade terakhir manfaatnya telah diabaikan oleh banyak petani. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sifat kimia tanah yang ditanami padi-padi dan padi-semangka di Desa Rawang Lama Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan membandingkan kualitas kimia tanah dengan pola tanam berbeda menggunakan metode observasi lapangan dan analisis laboratorium. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 20 sampel atau 15% dari luas areal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sifat kimia tanah dengan pola pertanaman padi-padi dan padi-semangka. Secara keseluruhan kualitas kimia pola pertanaman padi-semangka lebih baik dibandingkan nilai pada pola-tanam padi-padi di Desa Rawang Lama Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan. pH tanah pola tanam padi-semangka lebih tinggi (4,95 ± 0,27) dibandingkan padi-padi (4,41 ± 0,22). Nilai C-Organik pola tanam padi-semangka (2,90 ± 0,19) juga lebih tinggi dibandingkan dengan pola tanam padi-padi (2,58 ± 0,16). N-total pola tanam padi-semangka (0,10 ± 0,02) lebih tinggi dibandingkan dengan pola tanam padi-padi (0,08 ± 0,01). Nilai P tersedia pola tanam padi-semangka (7,78 ± 0,20) lebih tinggi dibandingkan dengan pola tanam padi-padi (6,81 ± 0,26). Nilai K-tukar pola tanam padi-semangka (6,88 ± 0,09) lebih tinggi dibandingkan dengan pola tanam padi-padi (5,49 ± 0,05). Kata Kunci : padi, semangka, sifat kimia tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:09
Last Modified: 17 Jan 2024 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76994

Actions (login required)

View Item View Item