Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENURUNAN HARGA KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN PETANI SWADAYA DI DESA KOTABARU KECAMATAN KERITANG MENURUT EKONOMI SYARIAH

DONI MAHENDRA, - (2024) PENGARUH PENURUNAN HARGA KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN PETANI SWADAYA DI DESA KOTABARU KECAMATAN KERITANG MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

DONI MAHENDRA (2023) : PENGARUH PENURUNAN HARGA KELAPA SAWIT TERHADAP PENDAPATAN PETANI SWADAYA DI DESA KOTABARU KECAMATAN KERITANG MENURUT EKONOMI SYARIAH Secara umum masyarakat Desa Kotabaru bekerja di lahan perkebunan dengan berbagai jenis, seperti kelapa, kelapa sawit, dan sebagainya, dengan pendapatan yang tidak menentu akibat harga setiap hasil dari perkebunan yang cendrung rendah. Terutama para petani kelapa sawit yang tidak menentu dan cendrung rendah sehingga mengakibatkan kesulitan sebagian besar para petani swadaya untuk mendapatkan penghasilan yang cukup untuk keperluan hidup sehari-hari. Tujuan penelitian ini ialah, (1) mengetahui pengaruh penurunan harga kelapa sawit terhadap pendapatan petani swadaya di Desa Kotabaru Kecamatan Keritang, (2) mengetahui pengaruh penurunan harga kelapa sawit terhadap pendapatan petani swadaya di Desa Kotabaru Kecamatan Keritang menurut ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, diuji menggunakan SPSS versi 25. Dalam mengelola kuantitatif, penulis menggunakan teknik analis regresi linear sederhana Y= a + bX. Variabel data penelitian Y adalah pendapatan dan X adalah harga. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 36 responden. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian adalah berupa uji kualitas data, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah dari hasil penelitian uji regresi linear sederhana didapat bahwa Y= a + Bx = 7,735+ 0,646 maka dari uji tersebut diketahui bahwa nilai alpha 0,000 < 0,005 artinya penurunan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Selanjutnya dapat dilihat dari hasil uji T, T hitung> T tabel yaitu 4,898 > 2,032 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa harga sangat berpengaruh terhadap pendapatan petani kelapa sawit di Desa Kotabaru Kecamatan Keritang. Hasil pengujian ini menghasilkan Koefisien Determinasi sebesar 0,414 atau 41,4 % sedangkan sisanya 58,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Harga dalam perspektif ekonomi syariah pada penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan telah sesuai dengan nilai-nilai dan syariat islam. Karena menurut jumhur ulama telah sepakat bahwa Islam menjunjung tinggi mekanisme pasar bebas, maka hanya dalam kondisi tertentu saja pemerintah dapat melakukan kebijakan penetapan harga. Prinsip dari kebijakan ini adalah mengupayakan harga yang adil, harga yang normal, atau sesuai harga pasar. Kata Kunci : Penurunan Harga, Pendapatan, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2024 13:07
Last Modified: 17 Jan 2024 13:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76991

Actions (login required)

View Item View Item