Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAKWAH (STUDY NETNOGRAFI PADA AKUN @kadamsidik00)

SALIM SYAHID ANSHORI, - (2023) PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAKWAH (STUDY NETNOGRAFI PADA AKUN @kadamsidik00). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB V).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SALIM SYAHID ANSHORI (2023) : PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAKWAH (STUDY NETNOGRAFI PADA AKUN @kadamsidik00) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Tiktok Sebagai Media Komunikasi Dakwah (Study Netnografi pada Akun @Kadamsidik00). Media sosial dapat kita manfaatkan untuk memenuhi tugas kita untuk berdakwah di jalan Allah swt. Memuat konten-konten yang sifatnya positif, mengajak kepada kebaikan, menyuarakan kebenaran, dan lain sebagainya sehingga media sosial juga kaya akan nilai-nilai agama. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan saat ini adalah Tik Tok. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif dengan metode netnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini penulis mengambil video untuk dijadikan objek penelitian adalah video mendapat insight terbanyak berdasarkan jumlah views yang diupload pada September 2023 bertema “Pertanggungjawaban Dosa Masing-Masing”, kemudian penulis analisis melalui konsep metode dakwah ajaran Islam. Hasil penelitian ini menujukan penggunaan Tiktok Sebagai Media Komunikasi Dakwah yang dilakukan oleh Husain Basyaiban melalui akun tiktoknya @kadamsidik terdapat beberapa aspek dari metode dakwah diantaranya al-hikmah yaitu hikmah dari perkataan dan pengamalan da‟i, al-mua’idhatil hasanah yaitu didikan dan pengajaran materi berdalil sumber Al-Qur‟an dan Sunnah Rasul, dan al-mujadalah yaitu interaksi dan diskusi bersama audiens atau mad‟u. Kata Kunci: Tiktok, Media Komunikasi, Dakwah dan Netnografi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:07
Last Modified: 17 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76988

Actions (login required)

View Item View Item