Fitri Rahmadani, Fitri (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTS YPUI TERATAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global di MTs YPUI Teratak. Penelitian ini menggunakan model penelitian quasi eksperiment. Penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YPUI Teratak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes keterampilan berpikir kritis dan observasi keterlaksanaan model. Teknis analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Data hasil posttest keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan uji Man Whitney dengan bantuan SPSS versi 26 dan hasil keterlaksanaan model menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai dari Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan alpha = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak atau ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global di MTs YPUI Teratak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:57 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76970 |
Actions (login required)
View Item |