Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Program Pekarangan Pangan Lestari Dalam Memenuhi Ketahanan Pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah

Siti Khoiriyah,, - (2024) Peran Program Pekarangan Pangan Lestari Dalam Memenuhi Ketahanan Pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Khoiriyah, (2023): Peran Program Pekarangan Pangan Lestari Dalam Memenuhi Ketahanan Pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai peran Program Pekarangan Pangan Lestari dalam memenuhi ketahanan pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru belum optimal dikarenakan terbatasnya lahan dan tidak semua anggota dapat berperan aktif. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran Program Pekarangan Pangan Lestari dalam memenuhi ketahanan pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru, apa tantangan dan hambatan peran Program Pekarangan Pangan Lestari dalam memenuhi ketahanan pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru serta bagaimana peran Program Pekarangan Pangan Lestari dalam memenuhi ketahanan pangan Kelompok Wanita Tani Cemara Pekanbaru Perspektif ekonomi Syariah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kelompok Wanita Tani Cemara telah memenuhi ketahanan pangan dengan meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta meningkatnya pendapatan. Adapun tantangan yang dihadapi Kelompok Wanita Tani Cemara yaitu bisa memiliki outlet/gerai pangan, memotivasi masyarakat lainnya, memanfaatkan lahan sempit, meningkatkan kemandirian ekonomi, serta meningkatkan ketersediaan pangan di daerah bukan penghasil pangan. Sedangkan hambatannya yaitu cuaca, lahan tidak luas, kurang aktifnya anggota, kurangnya pengetahuan dan pengalaman serta keterbatasan hasil. Kelompok Wanita Tani Cemara ini telah memenuhi ketahanan pangan dalam perspektif ekonomi Syariah, sebagaimana tercapainya kemaslahatan yang merupakan tujuan syara’ (maqashid syariah), indikator dari maqashid syariah menurut Al-Gazhali diantaranya yaitu Ad-dien (memelihara agama), An-nafs (memelihara jiwa), Al-aql (memelihara akal), An-nasl (memelihara keturunan) dan Al-maal (memelihara harta). Kata Kunci: Program Pekarangan Pangan Lestari, Ketahanan Pangan, Kelompok Wanita Tani, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:47
Last Modified: 16 Jan 2024 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76968

Actions (login required)

View Item View Item