Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

SINTIA WULANDARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

SINTIA WULANDARI (2023): PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs hasanah pekanbaru, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs kelas VII Hasanah Pekanbaru pada materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan Nonequivalent Control Design yang melibatkan kelas kontrol (VII 2) dan kelas eksperimen (VII 3). Data dikumpulkan melalui soal tes berbentuk esai yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS dan data lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney maka diketahui bahwa nilai sig 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:47
Last Modified: 16 Jan 2024 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76945

Actions (login required)

View Item View Item