Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KOPERASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN UMAT DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH KONTEMPORER (Studi Kasus Koperasi Pasar Syariah Ulul Al-Bab Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar)

MUHAMMAD ARDI, - (2024) PERAN KOPERASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN UMAT DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH KONTEMPORER (Studi Kasus Koperasi Pasar Syariah Ulul Al-Bab Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran koperasi syariah Ulul Al-Bab dalam meningkatkan perekonomian umat. Hadirnya koperasi syariah, memberikan banyak peluang bagi masyarakat dalam menjalankan bisnis atau usahanya. Adapun rumusan masalah yang penulis buat adalah sebagai berikut: Bagaimana program Koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat?,Bagaimana peran Koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat?,Bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah Kontemporer terhadap upaya koperasi Syariah meningkatkan perekonomian umat? Adapun tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui progam koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat,Untuk mengetahui peran koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat,Untuk mengetahui tinjauan Fiqh muamalah kontemporer terhadap upaya koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota koperasi pasar syariah ulul al-bab dan pedagang pasar syariah ulul albab . Objek dalam penelitian ini adalah peran koperasi Syariah dalam meningkatkan perekonomian umat ditinjau dari fiqh muamalah kontemporer.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan peninjauan langsung di lokasi penelitian.Wawancara akan dilakukan peneliti kepada anggota koperasi pasar syariah Ulul Al-Bab dan pedagang pasar syariah Ulul Al-Bab.Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama program koperasi Syariah Dalam meningkatkan perekonomian umat yaitu memberikan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat untuk melakukan usaha dengan berupa memberikan modal usaha selain itu koperasi pasar Syariah Ulul Al-Bab juga mendirikan pasar untuk dilakukan kegiatan jual beli dan juga mempermudah masyarakat untuk menjalankan usahanya.Adapun peran Koperasi Pasar Syariah Dalam meningkatkan perekonomian umat adalah dengan melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya koperasi pasar syariah Ulul Al-Bab dengan memberikan modal usaha kepada masyarakat untuk melakukan usaha seperti berdagang dan sebagainya.Adapun tinjauan Fiqih Muamalah Kontemporer terhadap upaya Koperasi Syariah Dalam meningkatkan perekonomian umat adalah dengan dengan melakukan evaluasi terhadap koperasi pasar Syariah Ulul Al-Bab bahwa koperasi tersebut telah mampu menjadikan perannya dalam meningkatkan perekonomian umat . Kata kunci: Koperasi, Syariah, Muamalah, Kontemporer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 12:46
Last Modified: 16 Jan 2024 12:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76937

Actions (login required)

View Item View Item