ALDI HARIANSYAH, - (2023) IMPLEMENTATION OF TELEGRAM CHATBOT AS INFORMATION SERVICE OF MADANI HOSPITAL PEKANBARU. JURNAL ILMIAHMERPATI, 11 (3). pp. 188-198. ISSN p-ISSN:2252-3006, e-ISSN: 2685-2411
|
Text
JURNAL ALDI HARIANSYAH.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Organisasi berusaha membangun citra positif melalui layanan informasi namun, Rumah Sakit Madani di Pekanbaru membutuhkan perbaikan. Penelitian ini merancang chatbot pendaftaran di Telegram untuk meningkatkan akses informasi pasien. Telegram dipilih karena kecepatan dan popularitasnya. Penelitian melibatkan survei literatur, identifikasi masalah, dan pengumpulan data, membentuk dasar untuk merancang alur chatbot. Metode pengembangan menggunakan Sommerville's Waterfall, mencakup tahap pendefinisian kebutuhan, desain, implementasi, uji coba, integrasi, operasi, dan perbaikan. Tahap penting adalah User Acceptability Testing, di mana 20 calon pasien diuji dengan kuesioner beragam. Implementasi chatbot melibatkan Python API Telegram dan database MySQL, dengan pengujian Black Box untuk aspek akses pasien, pendaftaran, fungsi, autentikasi admin, create update read delete admin, dan penanganan kesalahan. Hasil User Acceptability Testing menunjukkan akurasi 77,8%, mencerminkan kinerja sangat baik dalam memenuhi kebutuhan pasien, menunjukkan efektivitas dan penerimaan positif terhadap chatbot ini. Kata kunci: chatbot, bot telegram, layanan informasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 14:35 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 14:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76930 |
Actions (login required)
View Item |