Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PENDAYAGUNAAN ZAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS BAZNAS KOTA PEKANBARU)

M. ALIF SEPTIANTO, - (2024) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP PENDAYAGUNAAN ZAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS BAZNAS KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. ALIF SEPTIANTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Alif Septianto (2023): Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pendayagunaan Zakat Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kota Pekanbaru (Studi Kasus Baznas Kota Pekanbaru) Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang diwajibkan bagi umat muslim di seluruh dunia selain berkaitan dengan Allah (hablunminallah) zakat juga berkaitan dengan manusia (hablunminannas), sehingga diharapkan bagi umat muslim yang membutuhkan. Penggunaan dana zakat secara produktif dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat baik secara individu maupun kelompok mustahiq dan pada gilirannya mereka akan berubah status menjadi muzakki. Penggunaan dana zakat yang diberikan kepada mustahiq menghadapi berbagai kesulitan, karena mustahiq zakat umumnya merupakan kelompok masyarakat yang tidak mengetahui skema pengembangan dana produktif, sehingga mustahik zakat saat ini lebih memilih skema zakat konsumtif yang dapat digunakan secara praktis. Namun dalam pendayagunaan dana zakat produktif ada mengalami permasalahan baru yang dialami oleh mustahiq yaitu setelah program dilaksanakan tidak serta merta membuat para mustahiq meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pembagian kelompok penerima zakat di Baznas Kota Pekanbaru dan bagaimana pendayagunaan zakat dalam pengembangan ekonomi masyarakat, serta bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap pendayagunaan zakat dalam pengembangan ekonomi masyarakat baznas kota pekanbaru. Penelitian ini bersifat kualitatif yang merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut Tinjauan fiqih muamalah terhadap pendayagunaan zakat dalam pengembangan ekonomi mustahiq yaitu dengan cara memproduktifkan dana zakat menggunakan akad Qardhul Hasan dimana penyaluran zakat kepada mustahik dengan akad Qardhul Hasan dibolehkan. Seperti yang diterapkan oleh Baznas Kota Pekanbaru, terbukti dapat membantu mustahiq agar memiliki usaha mandiri dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari- hari, bahkan diantara mustahiq ada yang mengalami peningkatan ekonomi keluarganya. Kata kunci: Fiqih Muamalah, Zakat, Pendayagunaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:56
Last Modified: 16 Jan 2024 05:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76925

Actions (login required)

View Item View Item