Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 09 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT, PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN DI PASAR SELASA PANAM KELURAHAN TUAH KARYA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

SRI REDJEKI, - (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 09 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT, PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO SWALAYAN DI PASAR SELASA PANAM KELURAHAN TUAH KARYA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI REDJEKI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Redjeki, (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan Di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya Perspektif Fiqh Siyasah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh diaturnya ketentuan mengenai pengelolaan pasar rakyat didalam Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014. Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 dimana berisi tentang Penataan, Pemberdayaan, Pembinaan dan Pengawasan terhadap pasar rakyat yang harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku namun pada kenyataannya tugas tersebut belum dapat terealisasi dengan baik. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat,Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat,Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya? (3) Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat,Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat,Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi Penelitian adalah di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru, Populasi dan Sampel adalah UPT Pasar, Pengelola Pasar dan Pedagang Pasar, Sumber Data dari penelitian ini adalah Data Primer dan Sekunder, Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka/Content Analysis, Metode Analisis Data dan Studi Pustaka dengan menjelaskan secara rinci dan sistematis data yang didapat dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 09 Tahun 2014 di Pasar Selasa Panam Kelurahan Tuah Karya memerlukan usaha meningkatkan kompetensi pedagang. Faktor pendukung termasuk harga standar, ketersediaan barang, dan kebersihan pasar, sementara faktor penghambat melibatkan kehilangan kepercayaan pembeli dan sikap acuh tak acuh pedagang. Perspektif Fiqh Siyasah menunjukkan bahwa implementasi peraturan daerah sesuai dengan prinsip al-Hisbah, sebagai lembaga pengelola dan pengawas pasar. Kata Kunci :Pengelolaan Pasar Rakyat, Peningkatan Kompetensi Pedagang Pasar, Perspektif Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:21
Last Modified: 16 Jan 2024 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76919

Actions (login required)

View Item View Item