Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TREATMENT HADIS-HADIS NABI TENTANG UPAYA MENEMUKAN “INNER PEACE” DAN RELEVANSINYA TERHADAP ILMU PSIKOLOGI AGAMA (Kajian Hadis Tematik)

RAHMAD HIDAYAT, - (2023) TREATMENT HADIS-HADIS NABI TENTANG UPAYA MENEMUKAN “INNER PEACE” DAN RELEVANSINYA TERHADAP ILMU PSIKOLOGI AGAMA (Kajian Hadis Tematik). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RAHMAD HIDAYAT (2023) : TREATMENT HADIS-HADIS NABI TENTANG UPAYA MENEMUKAN “INNER PEACE” DAN RELEVANSINYA TERHADAP ILMU PSIKOLOGI AGAMA (Kajian Hadis Tematik) Skripsi ini berjudul ―Treatment Hadis-hadis Nabi Tentang Upaya Menemukan Inner Peace dan Relevansinya Terhadap Ilmu Psikologi Agama (Kajian Hadis Tematik)‖, dengan rumusan masalah yaitu : 1). bagaimana upaya menemukan Inner Peace ditinjau dari hadis-hadis Nabi? dan 2). bagaimana realisasi menemukan Inner Peace ditinjau dari Ilmu Psikologi Agama? Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian pustaka (library research), dengan menitikberatkan pada pendekatan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini, yaitu : 1). Hadis-hadis tentang upaya menemukan ketenangan jiwa (Inner Peace) yaitu hadis menjauhi dosa, perbuatan maksiat, keji dan munkar, hadis tentang bertaubat dan memperbanyak istighfar, hadis tentang memperbanyak berdzikir, hadis tentang memperbanyak shalawat, hadis tentang membaca dan mempelajari Al-Qur‘an, hadis tentang bergaul dengan orang-orang shaleh, hadis tentang qiyamul lail, dan hadis tentang rutinitas bersedekah. 2). Ketenangan jiwa (Inner Peace) ditinjau dari ilmu Psikologi Agama dapat disimpulkan dalam tiga poin berikut, yaitu secara psikologis dosa adalah sesuatu yang terasa salah dan tidak benar dalam hati, kehilangan ketenteraman dan ketenangan batin juga merupakan hal yang menunjukkan adanya kecemasan pada diri seseorang, terapi religius dan spiritual pun memiliki banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan metode taubat dan istighfar, untuk menyikapi penyakit hati atau gangguan jiwa mudah dilakukan bila individu membiasakan muhasabah, salah satu yang biasa dilakukan pada umumnya bahkan hal ini sering di bawa dalam ibadah yaitu Dzikir dan Do‘a, dan shalawat adalah ungkapan rasa cinta dan rindunya seorang mukmin yang belum dan ingin bertemu dengan Rasulullah SAW. Kata Kunci : Treatment, Upaya, Inner Peace, Psikologi Agama, Hadis, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:45
Last Modified: 17 Jan 2024 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76909

Actions (login required)

View Item View Item