Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN BENGKALIS

M. SOLIHIN, - (2024) PENGARUH BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN BENGKALIS. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
DISERTASI M. SOLIHIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Solihin (2023 ) : Pengaruh Badan Amil Zakat Nasional dan Perilaku Masyarakat terhadap Kewajiban Membayar Zakat Hasil Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Bengkalis Zakat merupakan perintah wajib dari Allah SWT dan menjadi salah satu pilar pembentuk agama Islam. Zakat akan memberi dampak yang sangat konkrit dalam proses pertumbuhan ekonomi masyarakat. Zakat bertujuan mengatasi kesenjangan dan gejolak sosial, bahkan menjadi salah satu tiang penyangga bagi tegaknya Islam, serta menjadi kewajiban bagi pemeluknya membawa misi memperbaiki hubungan horizontal antara sesama manusia. Sehingga pada akhirnya mampu mengurangi gejolak sosial akibat problematika kesenjangan ekonomi dalam kehidupan. Namun kenyataannya banyak masyarakat belum memahami dan belum mau membayar zakat khususnya zakat hasil perkebunan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bengkalis yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat Kabupaten Bengkalis yang mempunyai kebun sawit atau bekerja sebagai petani kelapa sawit. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui atau mengungkap pengaruh Badan Amil Zakat Nasional dan Perilaku Masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis dan untuk mengetahui atau mengungkap pengaruh perilaku masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Kabuaten Bengkalis serta mengetahui atau mengungkap pengaruh badan Amil Zakat dan perilaku masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis secara simultan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Bengkalis yang memiliki perkebunan kelapa sawit lebih dominan dan tercatat sebagai sampel terdiri dari empat kecamatan. Yaitu kecamatan Bantan, Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Siak Kecil dan Kecamatan Bukit Batu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial Baznas tidak berpengaruh terhadap kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung< dari ttabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Untuk variabel perilaku menunjukkan bahwa secara parsial berpengaruh positif terhadap kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit, hal ini dibuktikan nilaithitung> ttabel. Sehingga H0 ditolak dan H2 diterima. Sedangkan hasil pengujian secara simultan (uji F) diperoleh nilai f hitung > f tabel sehingga Ho di tolak dan H3 diterima yang bersama – sama terdapat pengaruh dari variabel bebas (Baznas dan perilaku) terhadap variabel terikat (kewajiban membayar zakat hasil perkebunan kelapa sawit) Kata kunci : Baznas, perilaku, kewajiban membayar zakat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:58
Last Modified: 16 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76904

Actions (login required)

View Item View Item