Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DISDUKCAPIL KOTA PEKANBARU DALAM PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN AKIBAT PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN TUAH MADANI PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Gery Naldi Kausar, Gery (2024) PERAN DISDUKCAPIL KOTA PEKANBARU DALAM PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN AKIBAT PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN TUAH MADANI PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah yaitu Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Pekanbaru dalam menerbitkan akta kependudukan akibat pemekaran wilayah di Kecamatan Tuah Madani. Pelayanan kepada masyarakat dalam hal administrasi kependudukan yang diberikan oleh aparatur pemerintah Disdukcapil kota Pekanbaru masih memiliki masalah seperti: tata cara pelayanan, kurangnya sarana dan prasarana dan displin kerja pegawai. Hal tersebut jelas berpengaruh terhadap kualitas pelayanan umum di daerah termasuk di kecamatan Tuah Madani yang terkesan mempersulit masyarakat khususnya yang awam, padahal seharusnya ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah karena pemekaran wilayah tentunya masyarakat yang menjadi dampaknya harus mengubah semua administrasi kependudukannya. Metode Penelitian ini mencakup Jenis Penelitian yaitu Penelitian Lapangan (Field Rersearch). Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi berjumlah 7 orang dan seluruh populasi di jadikan sampel yang berjumlah 7 orang. Adapun teknik analisis data di lakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif yaitu mengorganisasikan data, menjabarkan, menyusun ke dalam pola dan membuat kesimpulan agar dapat di pahami dan temuannya dapat di informasikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Disdukcapil sudah berjalan namun masih belum maksimal. Di antara peran Disdukcapil adalah seperti melaksanakan penerbitan akta kependudukan akibat pemekaran wilayah dengan berbagai inovasi pelayanan publik yang di sediakan. Disdukcapil juga gencar melaksanakan sosialisasi terkait perubahan data kependudukan akibat pemekaran melalui unit pelaksana teknis di tiap tiap kecamatan. Dan juga di dukung peran pasif mulai dari pihak kecamatan sampai RT. dan RW. Akan tetapi terdapat kendala yang masih harus di evaluasi oleh internal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Pekanbaru seperti disiplin kerja pegawai, tata cara pelayanan dan sosialiasi terkait mekanisme penerbitan akta kependudukan melalui website. Selanjutnya dalam Fiqh Siyasah terdapat siyasah idariyah atau administrasi negara, Siyasah Idariyah dan Akta Kependudukan memiliki keterkaitan yaitu dalam hal pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pembuatan Akta Kependudukan, Disdukcapil kota Pekanbaru memiliki tanggung jawab dalam pelayanan pembuatan Akta Kependudukan sebagai akta wajib yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia khusunya Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemekaran Wilayah, Disdukcapil, Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:20
Last Modified: 16 Jan 2024 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76902

Actions (login required)

View Item View Item