NORAINI BTE ITHNIN, - (2023) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF SUNNAH NABI SAW. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DISERTASI NORAINI BTE ITHNIN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter dalam perspektif Sunnah Nabi saw. Pendidikan karakter merupakan hal terpenting dalam sistem pendidikan Islam. Hadis Nabi memiliki konsep kebenaran mutlak yang mencakupi nilai pendidikan yang tinggi dan norma kemanusian dan ketauhidan yang terintegrasi dan tidak dapat dipisahkan. Dalam hadis ada panduan Nabi bagaimana pendidikan harus dilaksana. Penting melihat cara Nabi mendidik karakter sahabat sehingga berjaya berkarakter terbaik dan terpuji. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya isu pendidikan karakter yang lebih menekankan aspek pengetahuan dari aspek sikap dan aplikasinya yang seakan tidak pernah selesai. Adanya cabaran globalisasi dan pengaruh negatif dari modernisasi dan teknologi juga adanya budaya asing yang mempengaruhi dalam masyarakat samada bagi golongan pelajar atau tidak. Semua ini mengakibatkan dekadensi karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang apa saja konsep pendidikan karakter dalam perspektif sunnah Nabi, apa saja nilai-nilai pendidikan dalam perspektif sunnah Nabi dan relevansi pendidikan karakter sunnah Nabi bagi pengembangan pendidikan karakter. Metode penelitian adalah kualitatif (library research), menekankan kepada meaning. Data penelitian berasal dari hadis Nabi seperti terdapat dalam kitab-kitab hadis dan pendidikan karakter. Analisis data menggunakan hermeneutika atau interprestasi teks dengan cara content analysis. Pembahasan secara tekstual dan kontekstual dikaitkan dengan masalah-masalah pendidikan karakter guna mendapatkan makna yang lebih kontesktual dan aplikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam perspektif Sunnah Nabi memandang pendidikan bertujuan memberikan setiap anak permulaan yang baik untuk mengembangkan potensi secara utuh, menjadi hamba Allah yang soleh, berketerampilan, cerdas intelektual, emosioanal dan spiritual, berakhlak karimah, siap dan mampu untuk hidup di lingkungan sosial dan memperolehi kebahagian didunia dan akhirat menjadi insan kamil. Materi meliputi pendidikan akidah, dan akhlak dengan membudayakan nilai agar menjadi manusia yang bertauhid dan berakhlak. Metode meliputi metode ceramah, tanya-jawab, pemberian pujian dan hukuman digunakkan sesuai dengan situasi dan keadaan. Pendidik mendidik dengan mengedepankan sifat penyayang, tidak diliputi kemarahan dan prihatin kepada peserta didik. Adapun nilai pendidikan karakter dalam Sunnah Nabi yaitu nilai-nilai keadilan, lemah lembut dan kasih sayang, sabar, jujur, ikhlas, takwa, tawadu’ dan tazkiyah bertujuan meningkatkan kualitas peribadi. Relevansi pendidikan karakter dalam Sunnah Nabi terhadap pengembangan pembentukan karakter dapat diintegrasikan dalam semua mata pelajaran dan nilai-nilai pendidikan dikembangkan secara bertahap. Pendidikan karakter dalam Sunnah Nabi sejalan dengan teori-teori pendidikan karakter pada umumnya yang dikemukan para ilmuan masa sekarang dan perpaduan dua pendekatan diharapkan dapat memperlancar terwujudnya manusia-manusia yang berkarakter mulia dan kekal relevan dalam konteks yang berubah dalam setiap keadaan, tempat dan masa. Kata kunci: Pendidikan karakter, Sunnah Nabi saw
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76899 |
Actions (login required)
View Item |