IHSAN MUHIDIN, - (2023) JOINT MADRASAH SYSTEM DAN IMPLEMENTASI INTEGRASI SAINS DAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SINGAPURA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DISERTASI IHSAN MUHIDIN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ihsan Muhidin, (2023): Joint Madrasah System serta Implementasi Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Islam dalam Sistem Pendidikan Madrasah di Singapura. Kesadaran akan bahayanya ilmu pengetahuan yang sekuler dan liberal ala Barat, serta pentingnya integrasi ilmu pengetahuan dengan agama telah menjadi perhatian para pemangku pendidikan Islam di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Singapura. Sebagai sebuah negara sekuler dimana umat Islam hanyalah minoritas, maka satu-satunya institusi pendidikan di Singapura yang memungkinkan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang terintegrasi adalah madrasah. Meski sempat ada wacana penutupan dari pemerintah namun institusi pendidikan yang Islami ini masih dapat diselamatkan, selanjutnya dikelola di bawah program Joint Madrasah System (JMS) yang diperkenalkan pada tahun 2003 oleh Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS). Tujuan disertasi ini adalah meneliti sejarah keberadaan madrasah di Singapura dari masa awal hingga kini. Menganalisis kurikulum tiga madrasah yang tergabung dalam JMS baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Pada akhirnya adalah menganalisis pelaksanaan integrasi ilmu pengetahuan dan Islam pada ketiga madrasah JMS tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Data diperoleh melalui membaca dan mempelajari buku dan artikel terkait dengan kebijakan pendidikan Islam di Singapura diperkuat dengan wawancara kepada beberapa orang pemangku pendidikan madrasah di tiga madrasah JMS. Hasil penelitian ini menjumpai adalah; i. adanya empat fase perkembangan madrasah di Singapura, dari mulai fase pondok hingga fase JMS, ii. kebijakan JMS telah menjadikan sistem pendidikan madrasah lebih efektif dan modern, iii. 3 madrasah JMS telah mengimplementasikan integrasi ilmu dan sains sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Selanjutnya, disertasi ini memunculkan gagasan model integrasi ilmu dan Islam yang sesuai diterapkan di Singapura, penulis menamakannya model ‘Integrasi Segitiga Istirja’. Kata Kunci: Integrasi Ilmu Pengetahuan, Joint Madrasah System, Singapura.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:50 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76898 |
Actions (login required)
View Item |