Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kedudukan Mahram Akibat Radha’ah al-Kabir (Studi Analisis Ijtihad Sayidah ‘Aisyah).

Amirul Mukminin, - (2024) Kedudukan Mahram Akibat Radha’ah al-Kabir (Studi Analisis Ijtihad Sayidah ‘Aisyah). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Amirul Mukminin (2023) : Kedudukan Mahram Akibat Radha’ah al-Kabir (Studi Analisis Ijtihad Sayidah ‘Aisyah). Salah satu di antara hadis yang mengalami polemik dari segi matan adalah hadis mengenai rada’ah al-kabir. Kisah mengenai menyususi pria dewasa yang termuat dalam kitab-kitab hadis, yang termuat dalam hadis ini adalah sosok seorang Salim yang tinggal bersama keluarga Abu Huzaifah sejak kecil, namun setelah dewasa keberadaan Salim menjadi dilematik setelah turunnya surah al-ahzab ayat ke 5. Hal inilah yang menjadi pengaduan Sahah binti Suhail kepada Rasulullah. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1. Bagaimana status dan pemahaman hadis radha’ah al-kabir ? 2. Bagaimana analisis ijtihad ‘Aisyah terhadap hadis radha’ah al-kabir ? 3. Apakah hadis radha’ah kabir bersifat umum atau khusus ?. Adapun tujuan dari penelitian ini : 1. Untuk mengetahui status dan pemahaman hadis radha’ah al-kabir. 2. Untuk mengetahui analisis ijtihad Sayidah ‘Aisyah terhadap hadis radha’ah al-kabir. 3. Untuk mengetahui hadis radha’ah kabir ini bersifat umum atau khusus. Dalam Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka yaitu pendekatan yang menghimpun data-data penelitian dari kitab-kitab hadis dan syarah hadis yang berkaitan dengan tema, sedangkan hadis yang diteliti adalah hadis tentang radha’ah al-kabir. Pendekatannya menggunakan Hadis Maudhu’i yang merujuk kepada Kutub al-Tis’ah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Status hadis rada’ah al-kabir merupakan hadis shahih. 2. Sayyidah ‘Aisyah menyaksikan peristiwa pengaduan Sahlah binti Suhail kepada Rasulullah SAW. sehingga semua riwayat pada perawi ditingkat sahabat diriwayatkan dari ‘Aisyah. 3. Kasus yang terjadi pada Salim adalah bersifat khususiyyah untuk dirinya saja dan tidak berlaku bagi yang lain, meski pun adanya pendapat yang memandang dari segi zhahirnya hadis. Kata kunci : Radha’ah al-kabir, Mahram, Ijtihad ‘Aisyah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:14
Last Modified: 16 Jan 2024 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76848

Actions (login required)

View Item View Item