Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH, RUMPUT ODOT, DAN RUMPUT GAMA UMAMI PADA PEMOTONGAN KETIGA DI LAHAN GAMBUT TERDEGRADASI

RAHMAD RAMADHANI, - (2024) PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH, RUMPUT ODOT, DAN RUMPUT GAMA UMAMI PADA PEMOTONGAN KETIGA DI LAHAN GAMBUT TERDEGRADASI. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH, RUMPUT ODOT, DAN RUMPUT GAMA UMAMI PADA PEMOTONGAN KETIGA DI LAHAN GAMBUT TERDEGRADASI Rahmad Ramadhani (11980112683) Di bawah bimbingan Arsyadi Ali dan Elfawati INTISARI Hijauan adalah bahan pakan ternak yang diperoleh dari rumput termasuk legum yang harus tersedia secara berkelanjutan baik kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi rumput gajah, odot dan gama umami di lahan gambut terdegradasi pada pemotongan ke tiga. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan UARDS Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 3 perlakuan dan 4 kelompok. Perlakuan adalah P1: Rumput Gajah (Pennisetum purpureum), P2: Rumput Odot (Pennisetum purpureum cv. Moot), P3: Rumput Gama Umami (Pennisetum purpureum var. Domo), dan kelompok adalah bedengan 1, bedengan 2, bedengan 3, dan bedengan 4. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, jumlah daun, jumlah anakan, berat segar dan berat kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis rumput tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap lebar daun dan jumlah anakan. Jenis rumput berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun, berat segar dan berat kering rumput. Kesimpulan penelitian ini adalah pertumbuhan rumput gajah dan rumput gama umami relatif sama, dan produksi rumput gama umami lebih tinggi dibanding rumput gajah dan rumput odot pada pemotongan ketiga di lahan gambut terdegradasi. Kata Kunci: Jenis Rumput, Lahan gambut, Pertumbuhan, Pemotongan, Produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:04
Last Modified: 15 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76816

Actions (login required)

View Item View Item