Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Ekspedisi J&T Express Cabang Delima Perspektif Ekonomi Syariah

Fitrah Al Salam, - (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Ekspedisi J&T Express Cabang Delima Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrah Al Salam, (2023) : Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Ekspedisi J&T Express Cabang Delima Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat mengharuskan setiap perusahaan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin jika masih ingin mempertahankan eksistensinya dalam persaingan antar perusahaan sejenis lainnya untuk menarik Kepuasan konsumen agar mampu berhasil dalam menjalankan usaha. Kepuasan konsumen pada perusahaan J&T Express cabang Delima masih rendah, dibuktikan dengan perkembangan Drop point J&T Express yang mengalami naik turun (fluktuatif). Permasalahan dari skripsi ini adalah pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen jasa ekspedisi J&T Express cabang Delima, Pekanbaru. perspektif Ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen jasa ekspedisi J&T Express cabang Delima, Pekanbaru. perspektif Ekonomi syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan juga penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 4200 pengguna jasa J&T Express cabang Delima. Teknik pengambilan sampel yaitu non-probiliy sampling dengan teknik incidental/Accidental sampling dengan menggunakan Rumus Slovin, didapat sampel sebanyak 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dikarenakan bahwa fhitung (16.926) > ftabel (3.09) dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α (0.000 < 0.05). Secara parsial, variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dikarenakan nilai thitung (0.103) < ttabel (1.661) dengan nilai signifikansi (sig) yang dihasilkan lebih besar dari nilai α (0.918 > 0,05). variabel harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dikarenakan nilai thitung (2.074 > ttabel (1.661) dengan nilai signifikansi (sig) yang dihasilkan lebih kecil dari nilai α (0.041 < 0.05). Adapun nilai koefisien determinasi (R2 ) yaitu 0.44 yang berarti kepuasan konsumen jasa dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan harga sebesar 44%, sisanya 56% dipengaruhi oleh faktor lain. Perusahaan J&T Express telah sesuai dengan perspektif ekonomi islam dilihat dari kualitas pelayanannya sudah menerapkan sifat-sifat yang dimiliki nabi SAW (siddiq, tabliq, amanah, fathonah). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:05
Last Modified: 15 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76815

Actions (login required)

View Item View Item