Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FLUKTUASI HARGA KELAPA DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN CONCONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

TENGKU MUHAMMAD RAPLI, - (2024) ANALISIS FLUKTUASI HARGA KELAPA DAN DAMPAKNYA PADA PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN CONCONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TENGKU MUHAMMAD RAPLI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tengku Muhammad Rapli, (2024): Analisis Fluktuasi Harga Kelapa Dan Dampaknya Pada Perekonomian Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis melihat bahwa sistem jual beli di desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir adalah sistem monopsini yaitu lebih banyak penjual dari pada pembeli sehingga pembeli memiliki kekuasaan untuk menentukan harga kelapa di desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir, hal ini sangat memberatkan masyarakat karena hasil kerja keras mereka tidak sesuai dengan hasil yang diterima. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis fluktuasi harga kelapa dan dampaknya pada perekonomian masyarakat desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir menurut perespektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi fluktuasi harga kelapa, mengetahui dampak dari fluktuasi harga kelapa pada perekonomian masyarakat, untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap fluktuasi harga kelapa. Penelitian ini dilaksanakan di desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah petani kelapa dan yang menjadi objek adalah analisis fluktuasi harga kelapa. Populasi penelitian ini adalah seluruh petani desa kampung baru Sampel pada penelitian ini adalah 10 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data yang tediri dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah penyebab terjadinya fluktuasi harga kelapa di desa kampung baru kecamatan concong adalah penetapan harga ditetapkan oleh perusahaan, kurangnya perhatian pemerintah pada petani, Menurun nya permintaan pasar terhadap kelapa. Dampak dari fluktuasi harga kelapa cukup mengganggu kesejahteraan masyarakat dalam merawat kebun kelapa. Namun dari segi pangan, tempat tinggal, pendapatan dan lainnya masyarakat desa Kampung Baru Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir sudah bisa dikatakan memiliki perekonomian yang sejahtera dalam Perespektif Ekonomi Syariah. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang penetapan harga dan kurang nya perhatian pemerintah belum sesuai dengan Perespektif Ekonomi Syariah karena penetapan harga dalam islam harus dilakukan dengan keridhoan antara kedua belah pihak. Dan tugas pemerintah dalam Ekonomi Syariah adalah mengawasi serta mengontrol harga pasar yang tidak adil. Kata Kunci : Analisis, Fluktuasi, Harga kelapa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:57
Last Modified: 15 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76814

Actions (login required)

View Item View Item