Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs NURUL YAQIN PEKANBARU

Yuni Ernika Saputri, Yuni (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs NURUL YAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerepan model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA) berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre experiment design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemamapuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji Pired Sample T Test (uji t) dengan bantuan program IBM SPSS Statistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) berbasis inkuiri terbimbing secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara data post-test dan pre-test (p < 0,05) sehingga hipotesis dapat diterima. Dengan demikian, strategi GQGA berbasis inkuiri terbimbing terbukti efektif dalam memperkaya kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai statistik yang sangat signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, GQGA, Inkuiri Terbimbing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:51
Last Modified: 15 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76799

Actions (login required)

View Item View Item