Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMERIKSAAN KESEHATAN BAGI CALON PENGANTIN PRANIKAH UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF MASLAHAH AL-MURSALAH (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara)

LUTHFI RAHMAN, - (2023) PEMERIKSAAN KESEHATAN BAGI CALON PENGANTIN PRANIKAH UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF MASLAHAH AL-MURSALAH (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LUTHFI RAHMAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Luthfi Rahman (2023): Pemeriksaan Kesehatan Bagi Calon Pengantin Pranikah Untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah Perspektif Maslahah Al-Mursalah (Studi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin sebagai syarat untuk menikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara, pernikahan dapat dilaksanakan ketika calon pengantin baik itu laki-laki maupun perempuan telah mendapatkan surat keterangan sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas. Surat kesehatan berupa lampiran imunisasi TT (Tetanus Toksoid). Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin pranikah untuk mewujudkan keluarga sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara? dan bagaimana Kemaslahatan Maslahah Al-Mursalah pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin pranikah untuk mewujudkan Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi langsung kelapangan, sehingga diperoleh data yang jelas. Penulis menggunakan Simple Random Sampling dengan 15 sampel. Hasil penelitian ini Pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampar Utara sudah terlaksana, namun masih ada juga calon pengantin yang melaksankan tidak sesuai prosedur atau tidak melaksanakan suntik Imunisasi atau suntik TT (Tetanus Toksoid) dengan berbagai alasan. Hal ini berdasarkan Intruksi Bersama Direktur Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Departemen Kesehatan No : 02 Tahun 1989 Tentang Pemeriksaan Kesehatan atau Imunisasi Tetanus Toksoid Calon Pengantin. Dengan pemeriksaan kesehatan ini untuk mewujudkan keluarga sakinah belum sepenuhnya terwujudkan. Dalam perspektif Maslahah Al-Mursalah di hukumi (mubah) boleh, termasuk dalam kategori maslahat pemeliharaan jiwa (hifdz al-nafs) dan maslahat pemeliharaan keturunan (hifdz al-nasl), sedangkan untuk tingkat kebutuhan dan skala prioritasnya termasuk dalam kategori hajjiyyat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:51
Last Modified: 15 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76798

Actions (login required)

View Item View Item