AULIA RISKA RAMADHANI, - (2023) KESANTUNAN BERBAHASA GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
Abstract
AULIA RISKA RAMADHANI (2023) ; KESANTUNAN BERBAHASA GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 20 PEKANBARU Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa guru terhadap siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, teknik rekam, teknik simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini reduksi data, proses penyajian data, dan verifikasi data. Bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi guru ke siswa telah menaati 6 prinsip kesantunan. Jumlah keseluruhan terdiri atas 11 tuturan diantaranya: 2 maksim kebijaksanaan, 2 maksim kedermawanan, 1 maksim penghargaan, 2 maksim kesederhanaan, 3 maksim pemufakatan, dan 1 maksim kesimpatian. Dari hasil yang ditemukan interaksi antara guru dengan siswa yang lebih sering digunakan adalah maksim kebijaksanaan, kedermawanan, kesederhanaan dan pemufakatan. Kesimpulannya, guru di SMP Negeri 20 Pekanbaru telah menerapkan kesantunan berbahasa dalam berinteraksi dengan siswa khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini mencerminkan budaya kesantunan yang penting dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Guru dan Siswa, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 06:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76792 |
Actions (login required)
View Item |