Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

INTAN PUSPA LESTARI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTAN PUSPA LESTARI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Intan Puspa Lestari, (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP IT AL-Ikhlas Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket Minat Belajar, lembar observasi guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan :1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dengan minat belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, namun interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran discovery learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2024 05:38
Last Modified: 15 Jan 2024 05:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76784

Actions (login required)

View Item View Item