TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA FOTOCOPY PUTRA BIGOS

Epi Susanti, (2013) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA FOTOCOPY PUTRA BIGOS. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201319PS.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Laporan Akhir ini berjudul :“TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA FOTOCOPY PUTRA BIGOS”. Penulis melakukan penelitian ini pada Fotocopy Putra Bigos beralamat di jalan Buluh Cina. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan pada Fotocopy Putra Bigos dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan pada Fotocopy Putra Bigos. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Fotocopy Putra Bigos dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan pada Fotocopy Putra Bigos. Metodologi penelitian adalah metode wawancara dengan pemilik, karyawan dan pelanggan Fotocopy Putra Bigos, observasi, studi kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan pelanggan Fotocopy Putra Bigos. Sedangkan objeknya tinjauan Ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan Fotocopy Putra Bigos. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan yang berjumlah 3 (tiga) orang, dan seluruh pelanggan Fotocopy Putra Bigos yang jumlahnya tidak tetap, dikarenakan populasi cukup banyak, maka sampel diambil sebagian dari populasi yang bias mewakli dari populasi. Penulis mengambil sampel dengan jumlah 10 (sepuluh) orang pelanggan menggunakan metode Teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada Fotocopy Putra Bigos, penulis menyimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan yang diberikan olehnya dalam meningkatkan jumlah pelanggan yang menggunakan jasanya sudah efektif, maksimal, dan bisa dikatakan sangat baik, hal ini terlihat dengan strategi yang digunakan oleh pemilk dan karyawannya. Akan tetapi Fotocopy ini juga harus memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kendala dalam meningkatkan jumlah pelanggan dapat teratasi. Adapun hal yang menjadi penghambat yaitu kehabisan modal yang dihadapi selama bulan puasa dan kurangnya jumlah karyawan yang membuat kewalahan dalam menghadapi pelanggan. Dalam pandangan Islam memberikan pelayanan dengan adanya kejujuran, keramahan, kesopanan, keadilan, adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan sesuai Syara’. Dalam penelitian ini Fotocopy Putra Bigos telah melaksanakan pelayanan yang sebaik mungkin tetapi belum sepenuhnya sesuai Syara’ karena masih kurang memperhatikan pakaian karyawannya.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Sep 2016 05:06
Last Modified: 20 Sep 2016 05:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item