MUHAMMAD BAIDHOWI, - (2024) KORELASI PROFESIONALITAS GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN INSAN CENDEKIA KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
||
|
Text
TESISI FULL REPOSITORY.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi profesionalitas guru dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Insan Cendekia Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Insan Cendekia Kampar sebanyak 130 santri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalitas Guru memiliki korelasi dengan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Insan Cendekia Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung > r tabel (0,614 > 0,176), dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005, dengan besar korelasi 37,8%. Lingkungan belajar memiliki korelasi dengan prestasi belajar Santri di Pondok Pesantren Insan Cendekia Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung > r tabel (0,560 > 0,176), dan nilai signifikansinya 0,000 > 0,005, dengan besar korelasi 31,3%. Terdapat korelasi profesionalitas guru dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Santri di Pondok Pesantren Insan Cendekia Kampar. Hal ini di tunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F tabel (47,847 > 3,07), dengan besar korelasi 43,0%. Ini berarti korelasi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 43,0%. Kata Kunci: Profesionalitas Guru, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 06:45 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76773 |
Actions (login required)
View Item |