Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI SINOPSIS DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

YOLANDA SAFIRA, - (2024) KOMUNIKASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI SINOPSIS DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universita Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Yolanda Safira Nim : 1204/326645 Jurusan : Ilmu Komunikasi ( Public Relation ) Judul : Komunikasi Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital Melalui Aplikasi Sinopsis Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru menerapkan terobosan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SINOPSIS (Sistem Informasi Pelayanan Pendaftaran Perekaman KTP-el) yang memberikan kemudahkan bagi masyarakat khususnya siswa dalam melakukan perekaman KTP-el. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SINOPSIS yang dianalisis berdasarkan 4 elemen difusi inovasi Everett M Rogers yaitu inovasi, saluran komunikasi, waktu dan sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Didukcapil Kota Pekanbaru mendifusikan inovasi SINOPSIS ke dalam masyarakat khususnya siswa sebagai pemula dalam pengurusan dokumen kependudukan. Inovasi ini menggantikan sistem pelayaan sebelumnya dari manual ke sistem digital, meningkatkan standar pelayanan publik dan membantu memudahkan siswa dalam pengurusan perekaman KTP-el. Saluran komunikasi menggunakan media massa radio, media internet seperti website resmi Disdukcapil Pekanbaru, media social, serta komunikasi interpersonal. Jangka Waktu dimulai dari proses perencanaan hingga launching ditahun 2021 sampai 2023 dengan jumlah pengguna sebanyak 3.900 orang. Sistem sosial melibatkan Dinas Provinsi Riau,kepala SLTA se Kota Pekanbaru, dan disdukcapil Kota Pekanbaru sebagai agen pembaruan, dan siswa sebagai penerima inovasi dari aplikasi SINOPSIS ini. . Kata kunci : Komunikasi Inovasi, Pelayanan Publik, Digital, Aplikasi SINOPSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:36
Last Modified: 15 Jan 2024 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76770

Actions (login required)

View Item View Item