Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 06 TAHUN 2014 DI DESA TANJUNG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

FEBRIAN AKBAR, - (2024) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 06 TAHUN 2014 DI DESA TANJUNG KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRIAN AKBAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febrian Akbar, (2022) : Peranan Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Berdasarkan Undang- Undang Nomor 06 Tahun 2014 di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Menurut Perspektif Fiqh Siyasah. Pembangunan desa merupakan sebuah jalan untuk meningkatkan pelayanan dasar, membangun dan memelihara infrastruktur serta mengembangkan ekonomi pertanian lebih produktif. Pembangunan yang dibutuhkan di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan sesuai dengan mayoritas mata pencaharian pada bidang pertanian yaitu sistem irigasi sehingga hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana peranan pemerintah desa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sistem irigasi serta bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap pelaksanaan pembangunan sistem irigasi di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari data primer dan sekunder dari penelitian ini. Dalam menganalisis penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penulisan secara rinci dan tersistematis berdasarkan semua data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan pokok masalah penelitian ini bisa diketahui bahwa peran pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 06 tahun 2014 tentang Desa. Akan tetapi, pembangunan yang tidak terlaksana diakibatkan oleh masyarakat yang tidak mengizinkan pembangunan pada lahan miliknya. Dalam hal ini sangat diperlukan pemahaman yang matang oleh masyarakat tentang pentingnya pembangunan irigasi untuk meningkatkan taraf kehidupan perekonomian pada bidang pertanian. Sedangkan dalam pandangan fiqh siyasah pembangunan sistem irigasi di Desa Tanjung bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada bidang pertanian yang nantinya bisa meningkatkan taraf kehidupan. Kata kunci : Pemerintah Desa, Pembangunan Desa, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:32
Last Modified: 15 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76754

Actions (login required)

View Item View Item