Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LABEL HALAL KOMPOSISI BAHAN PANGAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MIE INSTAN MENURUT EKONOMI ISLAM DI KOTA PEKANBARU

MELATI JULIA ROIKHANI, - (2024) PENGARUH LABEL HALAL KOMPOSISI BAHAN PANGAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MIE INSTAN MENURUT EKONOMI ISLAM DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LABEL HALAL, KOMPOSISI BAHAN PANGAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MIE INSTAN DI KOTA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM MELATI JULIA ROIKHANI NIM 22290320094 Email: melatijulia18@gmail.com Latar belakang dari penelitian ini adalah negara Indonesia memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia. Negara Indonesia sendiri merupakan negara nomor dua yang paling banyak mengkonsumsi mie instan di dunia setelah Cina. Sejalan dengan itu, masyarakat muslim dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang jelas kehalalannya. Adapun produk pangan yang popular dan digemari masyarakat Indonesia adalah mie instan. Dibalik kelezatan rasa, terdapat beberapa zat-zat berbahaya yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Di Kota Pekanbaru sendiri mengalami peningkatan terbanyak konsumsi mie instan perkapita yaitu sebesar 0,129 dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Riau. Adapun mie instan yang paling tinggi penjualannya di Indonesia adalah mie instan dengan merk Indomie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Label Halal, Komposisi Bahan Pangan dan Religiusitas berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat beli produk mie instan indomie di kota Pekanbaru. Diharapkan dari penelitian ini nanti agar produsen maupun konsumen lebih selektif lagi dalam mengkonsumsi makanan yang jelas kehalalannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian termasuk ke dalam jenis penelitian asosiatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik angket. Populasi dari penelitian adalah masyarakat kota Pekanbaru yang beragama Islam sebanyak 832.115 orang dengan sampel penelitian diambil sebanyak 247 responden. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi 1inier berganda dengan menggunakanaplikasi SPSS versi 16.0, meliputi Uji Instrumen Penelitian (Uji Validitas dan Uji Realibilitas), Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t). Hasil analisis statistik pengujian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Label Halal (X1), Komposisi Bahan Pangan (X2) dan Religiusitas (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y) mie instan produk indomie pada masyarakat kota Pekanbaru. Sedangkan hasil analisis statistik secara simultan diketahui bahwa variabel Label Halal (X1), Komposisi Bahan Pangan (X2) dan Religiusitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) produk mie instan produk pada masyarakat Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Label Halal, Komposisi Bahan Pangan, Religiusitas dan Minat Beli

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:16
Last Modified: 15 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76731

Actions (login required)

View Item View Item