Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KONSELING SPIRITUAL DALAM MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIKMAHASISWA (Studi di Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Suska Riau)

KUSNIAWATI, - (2024) EFEKTIVITAS KONSELING SPIRITUAL DALAM MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIKMAHASISWA (Studi di Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Suska Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kusniawati ( 2023 ) : Efektivitas Konseling Spiritual dalam Mereduksi Kecemasan Akademik Mahasiswa (Studi di Prodi Bimbingan Konseling Islam UIN Suska Riau) Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi keefektifan konseling spiritual menggunakan metode doa dalam mereduksi kecemasan terhadap penyelesaian skripsi bagi mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam angkatan 2020. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan penggunaan analisis kuantitatif, Sampel terdiri dari 6 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Konseling diterapkan pada kelompok eksperimen dalam 6 sesi pertemuan. Data dikumpulkan melalui pemberian angket pretest dan posttest kepada kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji N-Gain mengungkapkan adanya perbandingan yang signifikan pada hasil uji N-Gain dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan, namun kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang tampak dalam penurunan tingkat kecemasan terkait penyelesaian skripsi. Penerapan konseling berhasil menunjukkan perubahan berupa penurunan tingkat kecemasan akademik terhadap penyelesaian skripsi setelah diberikan perlakuan. Hasil ini menegaskan bahwa konseling spiritual menunjukan hasil yang efektif terhadap penurunan tingkat kecemasan penyelesaian skripsi bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2020. Kata kunci : Kecemasan Akademik, Konseling Spiritual, Mereduksi Kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:03
Last Modified: 15 Jan 2024 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76723

Actions (login required)

View Item View Item