Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KADAR AIR, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING SAPI SETELAH DIRENDAM DENGAN EKSTRAK DAUN SENDUDUK (Melastoma malabathricum L.) PADA WAKTU PENYIMPANAN YANG BERBEDA

RIWANTO, - (2024) KADAR AIR, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING SAPI SETELAH DIRENDAM DENGAN EKSTRAK DAUN SENDUDUK (Melastoma malabathricum L.) PADA WAKTU PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV RIWANTO.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV RIWANTO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

KADAR AIR, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING SAPI SETELAH DIRENDAM DENGAN EKSTRAK DAUN SENDUDUK (Melastoma malabathricum L.) PADA WAKTU PENYIMPANAN YANG BERBEDA Riwanto (11980110347) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Jully Handoko INTISARI Daging memiliki kandungan gizi yang tinggi, lengkap, dan seimbang, akan tetapi daging merupakan salah satu bahan pangan yang paling mudah rusak (perishable). Salah satu teknik pengawetan daging secara alami yaitu perendaman daging dalam ekstrak daun senduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama daya tahan daging sapi yang direndam dengan ekstrak daun senduduk (Melastoma malabathricum L.) pada waktu penyimpanan yang berbeda yang ditinjau dari daya ikat air, kadar air, dan susut masak. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2023 di Laboratorium Teknologi Pasca Panen Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah ekperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 (lima) perlakuan dan 4 (empat) ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu waktu penyimpanan selama 0, 4, 8, 12, dan 16 jam pada suhu kamar. Parameter yang diukur pada penelitian ini yaitu kadar air, susut masak dan daya mengikat air. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perendaman daging sapi dengan ekstrak daun senduduk dengan lama penyimpanan sampai 16 jam memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar air dan susut masak daging sapi. Akan tetapi, perlakuan tersebut berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap daya mengikat air daging sapi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa daging yang direndam dalam ekstrak daun senduduk 20% mampu bertahan hingga 16 jam, fakta ini dibuktikan oleh kadar air dan susut masak daging yang tetap bertahan serta terjadi peningkatan daya mengikat air. Kata Kunci: Daun senduduk, daging, kadar air, susut masak, daya mengikat air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jan 2024 17:04
Last Modified: 12 Jan 2024 17:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76708

Actions (login required)

View Item View Item