EFEKTIFITAS METODE MUBAASYAROH DENGAN MENGGUNAKAN BUKU “AL-‘ROBIYAH BAINA YADAIKA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GOBAH, KECAMATAN TAMBANG, KAMPAR, RIAU.

Husnaini Zein, (2011) EFEKTIFITAS METODE MUBAASYAROH DENGAN MENGGUNAKAN BUKU “AL-‘ROBIYAH BAINA YADAIKA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GOBAH, KECAMATAN TAMBANG, KAMPAR, RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011594.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemahiran berbicara bahasa arab siswa di MTs Muhammadiyah Gobah, dengan tujuan untuk mengetahui Efektifitas metode mubasyaroh dengan menggunakan buku”Al-arabiyah Baina Yadaika” dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gobah, Kecamatan Tambang, Kampar, Riau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gobah dan objeknya adalah Efektifitas Metode Mubaasyaroh Dengan Menggunakan Buku “Al-‘robiyah Baina Yadaika” Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Test. Observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung dan Test dilaksanakan sebelum menggunakan metode eksperimen (menggunakan metode langsung dengan memakai buku “Al-‘robiyah Baina Yadaika”) dan sesudah menggunakan metode tersebut, Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik T-test. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh data observasi mencapai 64,58 (bagus) karena pada tingkat 65%-85%. Karena nilai To= 3,02 lebih besar dari Tt pada taraf 5% = 2,04 dan pada taraf 1% = 2,75 ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak. Dari data di atas didapati perbedaan yang signifikan antara kemahiran berbicara bahasa arab siswa yang diajarkan menggunakan metode langsung dengan memakai buku “Al-‘robiyah Baina Yadaika” dan siswa yang diajar menggunakan metode langsung tanpa memakai buku “Al-‘robiyah Baina Yadaika”. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Metode Mubaasyaroh Dengan Menggunakan Buku “Al-‘robiyah Baina Yadaika” lebih baik Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gobah, Kecamatan Tambang, Kampar, Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:03
Last Modified: 12 Jan 2016 09:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item