Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGELOLAAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA DI DESA AIR PANAS BARU KECAMATAN AIR HANGAT BARAT KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

Dea Erlan Perdian, - (2024) PENGARUH PENGELOLAAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA DI DESA AIR PANAS BARU KECAMATAN AIR HANGAT BARAT KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
DEA ERLAN PERDIAN GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang dapat dimanfaatkan dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat. Melalui pengelolaan yang tepat, pariwisata memberikan peluang utama bagi masyarakat yang tinggal disekitarnya untuk memperoleh pendapatan dengan menyediakan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjelaskan seberapa besar nilai pengaruh antara pengelolaan pariwisata (variabel X) terhadap kesejahteraan Masyarakat pelaku usaha (variabel Y). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 52 orang yang di tentukan menggunakan teknik Purposive Sampling, yakni sampel ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang dibuat oleh peneliti. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pariwisata terhadap kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Hal ini dapat dilihat pada hasil pengolahan data menggunakan SPSS dengan teknik Regresi, yakni diperoleh t hitung sebesar 7,398 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel yang ditetapkan yaitu 2,008. Kemudian, berdasarkan pada hasil pengujian korelasi diperoleh nilai sebesar 0,723 dimana nilai tersebut menunjukkan bahwa pariwisata berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat pelaku usaha dalam kategori kuat dengan tingkat korelasi 0,61-0,80.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:32
Last Modified: 12 Jan 2024 09:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76681

Actions (login required)

View Item View Item