Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 ROKAN HULU

NUR HAYANI DAULAY, - (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 ROKAN HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img]
Preview
Text
TESIS NUR HAYANI DAULAY.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Hayani Daulay (2023): Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rokan Hulu Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rokan Hulu. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, sampel penelitian 138 orang peserta didik terdiri dari kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rokan Hulu. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: uji t pada hipotesis I nilai thitung ttabel (2.062 1,97) dan nilai signifikan lebih kecil (0,041 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Hipotesis II nilai thitung ttabel (2.129 1,97) dan nilai signifikan lebih kecil (0,035 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Hipotesis III hasil nilai koefesien determinasi (R2) kecerdasan emosional dan motivasi belajar mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 8.1% terhadap variabel prestasi belajar siswa. Sedangkan sisanya 91.9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:49
Last Modified: 12 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76673

Actions (login required)

View Item View Item