Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum), ODOT (Pennisetum purpureum cv. Moot), DAN GAMA UMAMI (Pennisetum purpureum var. Domo) PADA PEMOTONGAN KE-EMPAT DI LAHAN GAMBUT TERDEGRADASI

TOUFIK HIDAYAT.R, - (2024) PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum), ODOT (Pennisetum purpureum cv. Moot), DAN GAMA UMAMI (Pennisetum purpureum var. Domo) PADA PEMOTONGAN KE-EMPAT DI LAHAN GAMBUT TERDEGRADASI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Rumput Gajah, odot, dan gama umami merupakan salah satu jenis rumput unggul yang baik untuk pakan ternak karena produktivitas tinggi dan palatibilitas tinggi untuk ruminansia. Lahan gambut terdegradasi adalah lahan gambut yang telah dialih fungsikan dari hutan alami menjadi areal lain yang tidak termanfaatkan dan mengalami penurunan baik fungsi sebagai media tumbuh maupun fungsi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi rumput gajah, odot dan gama umami di lahan gambut terdegradasi pada pemotongan ke-empat. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan jenis rumput dan 4 kelompok. Rincian perlakuan adalah P1: Rumput Gajah, P2: Rumput Odot, P3: Rumput Gama Umami, dan Kelompok adalah Bedengan 1, Bedengan 2, Bedengan 3, dan Bedengan 4. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan, jumlah daun, berat segar dan berat kering. Data dianalisis secara statistik dengan sidik ragam dan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis rumput tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap berat segar rumput. Sementara itu, jenis rumput berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan, jumlah daun, dan berat kering rumput. Kesimpulan penelitian ini adalah pertumbuhan rumput gajah, odot, dan gama umami sangat dipengaruhi oleh genetik. Sementara itu, produksi ke tiga jenis rumput adalah sebanding di lahan gambut terdegradasi pada pemotongan ke-empat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:19
Last Modified: 12 Jan 2024 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76663

Actions (login required)

View Item View Item