Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ERA EDUCATION 4.0 DI UIN SUSKA RIAU

Dwi Puja Syaharani, Dwi (2024) STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ERA EDUCATION 4.0 DI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Platform digital Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu bentuk teknologi baru yang sedang marak digunakan pada saat ini dalam mendukung kelancaran pendidikan mahasiswa. Terlebih setelah adanya virus Covid-19. Seluruh aspek kehidupan mengalami transformasi menuju era education 4.0 yang sarat akan penggunaan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan AI sebagai kecerdasan buatan berbasis internet yang bisa melakukan kegiatan layaknya manusia. Riset ini bertujuan untuk mengkaji lebih rinci bagaimana penggunaan Platform Digital Artificial Intelligence Sebagai Media Pembelajaran Pada Era Education 4.0 dilihat dalam perspektif fenomenologi. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teori fenomenologi Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam riset ini berupa wawancara dengan 13 orang informan yang dianggap berkompeten dan sesuai dengan topik yang dibahas. Temuan pada riset ini menunjukkan Platform Artificial Intelligence yang popular digunakan oleh mahasiswa Komunikasi adalah ChatGPT, Notion AI, dan Perplexity. Selanjutnya bahwa ternyata kehadiran Artificial Intelligence secara langsung berhasil memberikan pengalaman yang interaktif dan menarik dalam pembelajaran dan memfasilitasi aksesibilitas dan fleksibilitas sebagai media pembelajaran. Begitu pula ditinjau dari segi motif mahasiswa menggunakan AI untuk meningkatkan kualitas belajar mereka melalui teknologi karena fitur lengkap dan kemudahan akses yang dimilikinya. Sedangkan secara makna, AI berhasil memberikan dampak yang sangat baik dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Platform Digital, Artificial Intelligence, Education 4.0
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:33
Last Modified: 12 Jan 2024 09:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76652

Actions (login required)

View Item View Item