Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK DANA TALANGAN HAJI PADA PT. BANK MEGA SYARIAH CABANG PEKANBARU

Fadli Rahman (2013) STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK DANA TALANGAN HAJI PADA PT. BANK MEGA SYARIAH CABANG PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201303PS.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkanya dalalm bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Pada awal berdirinya negara Indonesia perbankan masih berpengang pada sistem kompensional atau sistem bunga (interes sistem). Kemudian baru pada tahun 1992 tepatnya dikelurkan undang-undang No.7 tahun 1992 yang secara implisit membolehkan pengelolaan bank berdasarkan prinsip bagi hasil .terutama melalui peraturan pemerintah No.7 tahun 1992 tentang bank bagi hasil yang secara tegas memberikan batasan bahwa “bank bagi hasil tidk boleh melakukan kegiatan usaha yang tidak berasaskan prinsip bagi hasil (bunga), sebaliknya bank melakukan kegiatan usahanya tidak yang berasaskan prinsip bagi hasil tidak diperkenankan melakukan kegiatan usaha yang berasaskan prinsip bagi hasil. Bank mega syariah merupakan salah satu dari beberapa bank syariah yang menggunakan prinsip syariah dalam opersionalnya dan telah berkembang hingga ke kota-kota besar dan telah memiliki berbagai macam produk yang akan memanjakan nasabahnya sesuai dengan prinsip syariah. Dana talangan haji merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Bank Mega Syariah yang mana bank mega syariah memberikan bantuan dana kepada orang yang belum mempunyai dana untuk mendaftar dirinya berangkat haji dengan syarat-syarat yang ditentukan. Adapun permasalahan yang penulis angkat adalah Apa itu dana talangan haji pada bank Mega syariah, bagaimana strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk dana talangan haji, bagaimana faktor tidak tercapainya target marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah dana talangan haji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di PT. Bank Mega Syariah Cabang Pekanbaru dengan populasi, para staf markting haji yang berjumlah 5 orang, staf bagian operasional 1 orang, kepala kantor cabang bank mega syariah 1 orang, dan diambil secara acak sebanyak 10 orang nasabah yang dijadikan sample untuk angket. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan angket dan studi pustaka. Setelah data tersebut terkumpul penulis melakukan analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada PT. Bank Mega Syariah, penulis menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah produk dana talangan bank mega syariah sudah efektif dan boleh dibilang sangat baik, hal ini terlihat dengan strategi yang digunakan oleh para marketing. Akan tetapi marketing juga harus memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kendala dalam meningkatkan jumlah nasabah dana talangan haji bisa teratasi.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:22
Last Modified: 20 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item