RESPON NASABAH TERHADAP BANK SYARI’AH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Sonia Darnelis, (2012) RESPON NASABAH TERHADAP BANK SYARI’AH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201223PS.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : Respon Nasabah Terhadap Bank Syari’ah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun permasalahan yang di bahas adalah: Bagaimana respon nasabah terhadap bank syari’ah mandiri kantor cabang pembantu selatpanjang dan factor apa saja yang mendorong dan menghambat nasabah untuk bertransaksi pada bank syari’ah mandiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon nasabah terhadap bank syari’ah mandiri, dan mengetahui factor yang mendorong dan menghambat nasabah untuk bertransaksi di Bank Syari’ah Mandiri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan,karyawan dan nasabah di Bank Syari’ah Mandiri, dan untuk objek penelitian ini adalah respon nasabah terhadap Bank Syari’ah Mandiri. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pimpinan cabang, karyawan, dan nasabah yang berjumlah 500 orang, karena jumlah populasinya banyak maka mengambil sampel 10% dari populasi yang ada, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian yaitu PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literature-literatur dengan apa yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket,dan dokumentasi, sedangkan metode analisa data menggunakan metode deskriptif , kualitatif. Dan metode penulisannya adalah dengan menggunakan metode deduktif, induktif, dan deskriftif. Dengan demikian respon nasabah terhadap Bank Syari’ah Mandiri di Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti Kacamatan Tebing Tinggi itu sebagaian besar nasabahnya mempunyai respon dan sikap positif terhadap BSM karena nasabah merasakan kenyamanan menyimpan dana di BSM, dan juga merasa aman dan puas terhadap fasilitas pelayanan yang diberikan oleh bank syari’ah mandiri. Adapun faktor pendorong dan penghambat nasabah untuk bertransaksi di BSM Kcp Selatpanjang antara lain : Factor pendorong: 1. Ingin mencari potongan yang lebih kecil dan system yang tidak mengandung riba/bunga dibandingkan dengan bank konvensional yang menganut system bunga dan tidak secara islam. 2. Menyimpan dana lebih aman di BSM karena potongannya tidak begitu besar dan nasabahnya juga mendapatkan bagi hasil tiap bulannya. 3. BSM memiliki daya tarik yakni pada cirri keislamannya sehingga tidak menganut system bunga/riba. Yang menjadi Factor penghambat: 1. Pembagian dalam keuntungan yang sangat terbatas ataupun sedikit dibandingkan dengan bank konvensional. 2. Kesulitan yang paling menonjol minimnya pada jaringan operasional bank syariah bila dibandingkan dengan bank konvensional yang lebih dulu hadir menjadi mediator masyarakat. 3. Kurangnya komunikasi antara nasabah dan pihak bank yang dirasakan oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 20 Sep 2016 04:14
Last Modified: 20 Sep 2016 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item