Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR AKUNTANSI SYARI’AH DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI (Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional Selasa Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru)

M. Ferdi Alfarez, Ferdi (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR AKUNTANSI SYARI’AH DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI (Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional Selasa Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan implementasi para pedagang terhadap nilai-nilai dasar akuntansi syari’ah di pasar tradisional selasa panam kecamatan tampan kota pekanbaru ketika melakukan transaksi jual-beli, juga mengetahui faktor penghambat penerapan nilai-nilai dasar akuntansi syariah dalam transaksi jual beli. Penelitian ini termasuk dalam penelitian metode kualitatif adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode pengamatan (observasi) yang dilakukan dengan mengamati bagaimana fakta yang terjadi di lapangan, melakukan wawancara (interview) pada pedagang dan pembeli di Pasar Selasa Panam, dan melakukan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan fenomena atau peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahwasannya pedagang Pasar Selasa Panam belum sepenuhnya memiliki pemahaman nilai-nilai dasar akuntansi syari’ah secara nilai ketuhanan (tauhid), nilai keadilan ('adl), nilai kenabian (nubuwwah), nilai pemerintahan (khilafah), dan nilai hasil (ma’ad). Berdasarkan hasil observasi Pasar Tradisional Selasa Panam yang ditinjau dari nilai-nilai dasar akuntansi syariah dalam transaksi jual beli di Pasar Tradisional Selasa Panam secara umum belum diterapkan dengan baik oleh para pedagang yakni pada nilai secara nilai ketuhanan (tauhid), nilai keadilan ('adl), nilai kenabian (nubuwwah). Dan telah menjalankan nilai nilai pemerintahan (khilafah), dan nilai hasil (ma’ad). Faktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai dasar akuntansi syariah dalam transaksi jual beli di Pasar Tradisional Selasa Panam ialah masih kurangnya pemahaman dan kesadaran dalam melakukan transaksi jual beli yang sesuai dengan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Syariah, Transaksi Muamalah, Pasar Tradisional
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:24
Last Modified: 10 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76539

Actions (login required)

View Item View Item