Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUBSTITUSI DEDAK PADI HALUS DENGAN TEPUNG BIJI NANGKA TERHADAP NILAI RENDEMEN, BOBOT BADAN, DAN PANJANG BADAN LARVA BLACK SOLDIER FLY

Febriadi Siregar, - (2024) PENGARUH SUBSTITUSI DEDAK PADI HALUS DENGAN TEPUNG BIJI NANGKA TERHADAP NILAI RENDEMEN, BOBOT BADAN, DAN PANJANG BADAN LARVA BLACK SOLDIER FLY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

PENGARUH SUBSTITUSI DEDAK PADI HALUS DENGAN TEPUNG BIJI NANGKA TERHADAP NILAI RENDEMEN, BOBOT BADAN, DAN PANJANG BADAN LARVA BLACK SOLDIER FLY Febriadi Siregar (11980114594) Di bawah bimbingan Sadarman dan Elviriadi INTISARI Dedak padi halus, hasil samping dari proses pengolahan padi, seringkali digunakan sebagai sumber energi bagi ternak. Sebaliknya, biji nangka, limbah dari buah nangka, memiliki potensi sebagai bahan pakan, khususnya untuk larva Black Soldier Fly (BSF). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja BSF yang diberi pakan tepung biji nangka sebagai substitusi dedak padi halus. Penelitian dilakukan melalui pemeliharaan, pemanenan, dan pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap, 5 perlakuan dan 5 pengulangan. Perlakuan tersebut mencakup P1: Dedak padi halus 100%, selanjutnya untuk P2, P3, P4, dan P5 dedak padi halus disubstitusi dengan biji nangka masing-masing sebanyak 25%, 50%, 75%, dan biji nangka 100%. Parameter yang diukur meliputi rendemen, bobot badan, dan panjang badan maggot BSF. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis keragaman rancangan acak lengkap dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26, dan uji DMRT 5% digunakan untuk membandingkan perbedaan antar unit perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi dedak padi halus dengan tepung biji nangka memberikan pengaruh yang nyata (P<0,01) terhadap nilai rendemen, dan tidak nyata (P>0,05) meningkatkan bobot dan panjang badan larva BSF. Nilai rendemen maggot BSF tertinggi pada P4 (53,1%), sedangkan untuk bobot badan dan panjang badan larva BSF masing-masing sekitar 0,04-0,07 g/ekor dan 1,15-1,54 cm/ekor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan tepung biji nangka sebanyak 75% dapat menghasilkan nilai rendemen terbaik, sehingga pemanfaatan biji nangka sebagai bahan pakan lebih ekonomis, mendukung pertumbuhan, produksi, dan kualitas maggot BSF secara berkelanjutan. Kata kunci: Black Soldier Fly Bobot Badan, Dedak Padi Halus, Rendemen, Panjang Badan, Tepung Biji Nangka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:39
Last Modified: 10 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/76522

Actions (login required)

View Item View Item